gagal

Masalah Umum dalam Pembuatan Bluder

bluder cokro bakeSenang sekali rasanya berhasil membuat sebuah karya meskipun itu relatif kecil. Berhasil membuat bluder yang sempurna juga merupakan pencapaian yang luar biasa, apalagi jika dilakukan oleh orang yang minim pengetahuan dengan dunia masak-memasak. Memang butuh kesabaran dan ketelatenan dalam menyelesaikan suatu hal. Dalam membuat bluder pun berlaku hal yang sama. Tanpa kesabaran dan kegigihan untuk membuatnya dengan mematuhi aturan resep yang diberikan, kecil kemungkinan bluder bisa terbentuk sempurna.

 

Namun ketika sudah mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin, masih ada beberapa kegagalan yang muncul. Seperti ketika membuat bluder pada kali pertama, ada kemungkinan kegagalan tersebut merupakan salah satu dari beberapa masalah umum yang sering terjadi ketika membuat bluder sebagai berikut.

 

  1. Adonan Gagal Mengembang

Adalah masalah pertama yang paling menyebalkan ketika bluder melewati fase pemanggangan sesuai dengan yang disebutkan pada resep. Penyebab adonan gagal mengembang biasanya karena ragi yang digunakan dalam kualitas buruk, artinya ragi tersebut sudah tidak lagi aktif berkembang biak dan menyebabkan adonan tidak bisa mengembang sempurna. Pastikan Anda menggunakan ragi yang masih aktif dan tidak lewat tanggal kadaluarsa.

 

  1. Warnanya Tetap Pucat

Roti yang berwarna pucat juga termasuk dalam daftar masalah bluder yang menyebalkan. Tampilannya menjadi tidak cantik dan menarik bagi pandangan orang. Warna pucat yang muncul kemungkinan berasal dari fermentasi yang relatif lama sehingga gula yang tercampur rata dalam adonan seolah-olah habis dan tidak menghasilkan warna karamel yang diinginkan.

 

  1. Permukaan yang Kering

Meski membutuhkan suhu yang relatif tinggi, perhatikan suhu oven pada saat proses fermentasi agar tidak menghasilkan masalah permukaan bluder yang terlalu kering bahkan keras.

 

  1. Seratnya Relatif Kasar dan Berongga seperti Roti Biasa

Karena bluder itu dikenal akan serat rotinya yang lembut dan minim rongga, maka adanya serat yang kasar dan berongga adalah kegagalan besar dari pembuatan bluder. Kemungkinan masalah ini muncul karena adonan tidak dikempiskan pasca fermentasi pertama. Karena kesalahan tersebut, masih terdapat banyak gas yang terjebak di dalam adonan yang membuat serat bluder menjadi kasar dan rongga-rongganya terlihat besar.

 

  1. Adonan Ambruk

Apakah adonan bluder yang Anda buat gagal mengembang dan cenderung ambruk? Bisa jadi hal tersebut karena Anda tidak menggunakan garam secukupnya. Garam juga berfungsi sebagai zat untuk memperkuat gluten sehingga bluder bisa mengembang secara kokoh meski seratnya lembut. Jangan lupa untuk menggunakan tepung terigu dengan protein tinggi untuk mendukung adonan kuat.

 

  1. Teksturnya Tidak Lembut dan Cenderung Kosong

Kemungkinan masalah umum yang satu ini muncul karena takaran yang tidak tepat. Maka dari itu penting untuk memiliki alat ukur dalam mempersiapkan berbagai bahan yang akan digunakan dan diolah menjadi bluder.

 

Apakah Anda mengalami salah satu hal di antaranya? Jangan khawatir. Masalah tersebut relatif umum dan pasti bisa diatasi dengan teknik yang lebih tepat. Beberapa tips yang kami tawarkan utnuk menghasilkan adonan bluder sempurna adalah sebagai berikut.

 

  1. Siapkan bahan dan alat sesuai dengan yang disebutkan pada resep. Perbedaan yang mencolok bisa memengaruhi hasil akhir yang mungkin jauh dari ekspektasi sempurna.
  2. Perhatikan masa fermentasi pada beberapa bahan yang tercampur dengan bahan lain karena masing-masing campuran bahan tersebut membutuhkan waktu yang berbeda untuk terfermentasi sempurna.
  3. Perhatikan kerapian adonan sebelum dipanggang karena adanya kebocoran bisa menyebabkan bluder menjadi lengket dan sulit dikeluarkan dari loyang setelah selesai dipanggang.
rasa bluder

Manfaat Bluder Cokro Ditinjau Dari Variasi Rasa

Siapa sih yang tidak kenal dengan roti Bluder Cokro?

Dibalik kenikmatan dan kelembutan tekstur roti Bluder Cokro, ternyata kita bisa mendapatkan manfaat luar biasa. Bagaimana bisa? Bluder Cokro kini diproduksi dengan variasi rasa yang modern mulai dari rasa favorit sepanjang masa sampai rasa-rasa unik seperti kismis dan nutella. Nah, manfaat apa saja sih dibalik variasi rasa roti Bluder Cokro?

Cokelat

Tidak hanya nikmat, cokelat juga dikenal memiliki segudang manfaat di baliknya. Beberapa manfaat hebat cokelat adalah untuk meningkatkan produksi hormon insulin, memberikan pengaruh positif terhadap aliran darah, memiliki kemampuan dalam mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol, sebagai antidepresan, dan juga bisa menghambat penuaan.

  bluder cokro rasa coklat

Keju

Hasil olahan susu ini juga dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan karena manfaat luar biasa yang dikandung di dalamnya. Keju memiliki efek yang baik terhadap kesehatan tubuh kita mengingat kandungan gizi yang ada dalam keju diperlukan tubuh kita. Beberapa manfaat hebat dari konsumsi keju baik secara langsung maupun sebagai varian rasa Bluder Cokro adalah sebagai pembangun jaringan otot, metabolisme sel, bahkan jaringan tulang; membantu pematangan sel darah merah; menjaga fungsi saraf dalam tubuh; meredakan stress; sampai mampu membantu mengurangi sindrom PMS.

 keju

Kacang

Kacang juga dikenal sebagai salah satu makanan yang hebat dalam menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat kacang yang bisa Anda dapatkan sekalipun sebagai varian rasa Bluder Cokro adalah mengurangi depresi, mengurangi adanya risiko penyakit batu empedu, membantu menjaga berat badan, sampai mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegahnya.

 kacang

Kismis

Relatif jarang orang mengonsumsinya secara langsung, maka kismis lebih kerap digunakan sebagai campuran dan topping terutama ketika membuat roti dan kue. Bluder Cokro juga menggunakan kismis sebagai varian rasanya. Kismis memiliki manfaat hebat yang perlu Anda tahu seperti asupan energi bagi tubuh, pencegah kanker, obat untuk konstipasi, bahkan mencegah gejala anemia.

 kismis

Nanas

Buah segar satu ini biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam membuat rujak. Tetapi buah nanas juga bisa digunakan sebagai varian rasa Bluder Cokro yang ternyata memiliki manfaat di baliknya, seperti meningkatkan imunitas, membantu menjaga kesehatan tulang, tinggi serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, sampai membantu mempercepat proses penyembuhan.

 nanas

Strawberry

Strawberry memang cukup awam bagi kita. Rasanya yang manis asam membuat anak-anak dan orang dewasa sama-sama menyukainya. Bukan hanya bisa dikonsumsi langsung, strawberry juga bisa digunakan sebagai varian rasa dalam Bluder Cokro. Manfaat dari buah strawberry sendiri bagi kesehatan tubuh kita antara lain sebagai bahan pembersih kulit, sebagai pelembap kulit, mencegah tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sampai mengatasi dan mencegah stroke.

 bluder strawberry

Abon Ayam dan Abon Sapi

Daging ayam juga bukan merupakan bahan makanan yang asing bagi kita. Selain diolah dengan cara digoreng, daging ayam juga bisa diolah menjadi abon sehingga bisa lebih awet dan menambah nilai. Selain daging ayam yang biasa digunakan sebagai bahan membuat abon, daging sapi juga bisa diperlakukan sama. Abon sapi yang juga merupakan varian rasa Bluder Cokro ini tak kalah memiliki manfaat hebat bagi kesehatan kita. Beberapa manfaat abon bagi kesehatan tubuh kita antara lain untuk membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, sampai menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

 abon

Tuh, kan. Selain lezat, ternyata rasa varian dalam Bluder Cokro ternyata memiliki manfaat luar biasa. Jadi, masih berpikir ulang untuk menikmati lezatnya Bluder Cokro dalam berbagai varian rasa yang menggugah selera?

alat dapur

Alat-Alat Wajib dalam Membuat Bluder Cokro

Bluder Cokro sebagai salah satu panganan yang wajib Anda coba merupakan roti lembut yang sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh terbaik terutama dari Madiun. Kelembutan adonan rotinya yang matang sempurna berpadu dengan varian rasa yang beraneka ragam mulai dari rasa standar semacam coklat atau meses dan keju hingga rasa tape dan kismis yang relatif jarang digunakan sebagai varian rasa roti pada umumnya.

Untuk menciptakan bluder sesempurna Bluder Cokro, bukan hanya pemilihan bahan saja yang harus diperhatikan agar bluder itu terbuat dari bahan-bahan terbaik. Alat-alat yang digunakan pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa alat dasar yang wajib ada untuk membuat bluder sesempurna Bluder Cokro. Beberapa alat dasar yang wajib tersebut akan kami bahas sebagai berikut.

  1. Alat Ukur

Hal yang menentukan keberhasilan sebuah resep diwujudkan adalah penggunaan takaran yang tepat sesuai dengan yang disampaikan pada resep. Maka dari itu berbagai alat ukur harus disiapkan seperti timbangan bahan, gelas ukur, sampai sendok ukur untuk menakar bahan-bahan pendukung.

alat ukur

  1. Mixer

Fungsi alat satu ini jelas untuk mencampurkan semua bahan dan menguleninya secara cepat dan hemat tenaga. Mixer dikenal mampu mencampurkan bahan-bahan secara lebih konsisten dibandingkan dengan penggunaan tangan. Perlu diperhatikan agar tidak menggunakan mixer terlalu lama supaya tidak merusak susunan gluten.

pengaduk

  1. Mangkok atau Baskom

Peralatan ini krusial dibutuhkan untuk menaruh sekaligus mencampurkan semua bahan yang akan diolah secara bersamaan. Untuk menghindari pencampuran bahan wadah dengan adonan, maka sangat disarankan menggunakan mangkok kaca yang relatif lebih aman untuk kita mencampurkan semua bahan menjadi satu.

mangkuk

  1. Alas

Menguleni dan membulatkan adonan tidak bisa dilakukan tanpa alas. Inilah yang juga penting disediakan sebelum Anda membuat adonan bluder. Alas yang direkomendasikan untuk digunakan adalah alas yang terbuat dari marmer dan yang terbuat dari stainless steel. Kedua material ini menjaga adonan yang diolah tidak cepat panas.

alas

  1. Penggilas

Alat yang ini juga perlu Anda siapkan guna memipihkan adonan bluder yang hendak diisi dengan berbagai varian rasa. Jika Anda merasa tidak akan terlalu sering menggunakannya, gunakan alternatif pipa paralon berdiameter 5 cm atau botol sirup yang rata.

penggilas

  1. Loyang atau Cetakan Bluder

Loyang yang digunakan untuk memanggang bluder ini relatif sama dengan loyang yang digunakan untuk memasak bolu kukus. Cetakan yang biasa digunakan untuk bluder ini berbentuk cup yang tingginya setara dengan gelas dan bahannya terbuat dari aluminium.

 

  1. Kuas

Kuas merupakan alat yang juga relatif wajib disediakan sebagai alat untuk mengoles permukaan adonan dengan margarin. Kuas yang direkomendasikan terbuat dari silikon karena lebih kuat dan bisa lebih tahan panas.

kuas

  1. Plastik

Alat pendukung satu ini juga dibutuhkan untuk menyempurnakan proses fermentasi adonan bluder. Pastikan plastik yang Anda gunakan dalam memasak bluder ini memiliki kualitas yang baik sehingga benar-benar meminimalisir udara yang masuk pada saat proses fermentasi adonan.

 

  1. Oven atau Pemanggang

Alat krusial satu ini wajib disediakan karena cara mematangkan adonan bluder adalah dengan menggunakan oven atau pemanggang. Gunakan oven yang sudah cukup canggih dengan kemampuan menunjukkan suhu yang diinginkan dalam memanggang adonan agar matang sempurna dengan tekstur yang tetap bagus dan lembut.

pemanggang

  1. Rak Pendingin

Memang bukan sebuah alat yang wajib sesungguhnya, tetapi kehadiran rak pendingin akan membantu Anda dalam menaruh adonan bluder yang sudah matang agar bisa mendingin lebih dulu sebelum siap disajikan.

bluder cokro

Sepuluh alat di atas merupakan deretan alat pembuat bluder yang dasar sehingga sifatnya wajib untuk disediakan sebelum memulai membuat adonan bluder. Kalau sudah lengkap, sekarang saatnya mengolah bahan menjadi bluder lezat menggoda. Selamat mencoba!

 

kue mangkuk

Roti yang Serupa dengan Bluder

Bluder merupakan salah satu jenis roti manis yang lembut disukai oleh banyak orang. Bukan hanya anak-anak, bluder disukai oleh berbagai kalangan konsumen termasuk orang dewasa. Bluder Cokro adalah salah satu contoh betapa bluder menjadi favorit banyak orang karena teksturnya yang lembut dengan rasa manis yang bisa dipadukan dengan berbagai varian rasa. Bluder juga terkenal memiliki bentuk yang relatif unik dibandingkan roti-roti manis lainnya. Meski begitu, ada juga beberapa jenis roti dan kue yang memiliki bentuk serupa dengan bluder yaitu Bolu Kukus dan Cupcake.

Bolu adalah sejenis kue dengan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan bahan-bahan pendukung seperti telur, gula, dan pengembang. Bolu bisa dimasak dengan dua tipe yaitu di panggang dan juga dikukus. Bolu panggang bisa memiliki bentuk yang beragam tergantung dengan loyang yang digunakan. Namun bolu kukus cenderung memiliki bentuk yang mirip dengan roti bluder karena loyang yang digunakan dalam mengukusnya hanya satu jenis.

Sebenarnya bolu sendiri dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan teknik pembuatannya yaitu butter cake dan sponge cake. Bolu yang tergolong butter cake ini terkenal dengan teknik pembuatan yang diawali dengan kocokan butter dengan gula hingga menjadi krim. Tipe bolu ini membutuhkan pengembang baik itu dalam bentuk baking powder maupun soda kue.

Jenis kedua dari bolu adalah sponge cake yang teknik awalnya sama namun kemudian ditambahkan mentega cair atau minyak goreng setelah adonan sudah ditambah tepung dan diaduk rata. Sponge cake sudah banyak digunakan sebagai roti dasar dalam membuat kue tart yang relatif mudah dibuat dan mudah dihias dengan menggunakan mentega dan krim.

Cupcake adalah jenis roti kedua yang memiliki bentuk mirip dengan bluder. Bisa dikatakan, cupcake adalah versi mini dari bluder yang memiliki tekstur lebih padat dan cenderung lebih kering, tidak selembut tekstur roti bluder yang kita tahu selama ini. Cupcake sendiri merupakan kue kecil yang bahan dasarnya relatif sederhana dan sedikit serta mudah didapat, seperti tepung terigu, telur, dan gula.

Cupcake sebenarnya merupakan versi lain dari hasil percobaan yang gagal seperti roti brownies yang justru memikat. Mengapa diberi nama cupcake? Hal itu karena kue ini selalu menggunakan takaran ‘cup’ dalam membuatnya. Perjalanan sejarah dan trend cupcake sendiri tergolong panjang mulai dari pembuatannya sampai dengan saat ini menjadi salah satu kue yang digemari oleh semua kalangan. Cupcake juga termasuk dalam kue yang pantas untuk menjadi hantaran maupun oleh-oleh. Keberadaannya pun terkadang menggantikan kehadiran kue tart sebagai roti wajib untuk merayakan ulang tahun.

Karena tren yang muncul, cupcake bahkan menjadi roti yang banyak dibisniskan karena mudah dihias untuk berbagai keperluan. Harganya pun relatif mahal. Bahkan satu buah kue ini bisa dibanderol dengan harga puluhan ribu ketika mendapatkan topping yang juga relatif mahal.

Baik bolu kukus maupun cupcake sebenarnya memiliki tekstur yang relatif berbeda dengan bluder. Bluder cenderung memiliki tekstur roti yang lembut dan mudah disobek, lumer di mulut dan tenggorokan, serta relatif mudah dipadukan dengan berbagai varian rasa. Varian rasa standar seperti vanila, cokelat, dan buah-buahan seperti strawberry adalah sederet rasa yang biasa. Bluder relatif unik karena tetap lezat meskipun dipadukan dengan varian rasa yang unik semacam tape dan kismis akan tetap menjadi roti lembut nan lezat yang pasti disukai semua kalangan.

bluder cokro mirip

Bluder Cokro Blueberry

Bluder Cokro, Oleh-oleh Khas Madiun yang Tak Tergantikan

Madiun merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Memang bukan sebuah kota besar yang megah tetapi kota ini memiliki potensi yang tak kalah menarik dibandingkan kota-kota lain, terutama dari sisi sejarahnya.

Jika Anda berkunjung ke Madiun, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Madiun. Cukup banyak oleh-oleh khas Madiun yang bisa Anda dapatkan seperti brem, madumongso, ataupun kerupuk puli. Brem adalah sari ketan yang dimasak lantas dikeringkan. Brem adalah hasil fermentasi ketan hitam yang kemudian dikeringkan. Rasanya begitu manis dan nagih. Sementara madumongso merupakan camilan yang juga terbuat dari ketan hitam, berasa manis legit, serta cenderung berminyak. Kalau kerupuk puli, sudah tidak perlu ditanya lagi akan kerenyahannya yang selalu siap meramaikan acara makan bersama keluarga.

Oleh-oleh khas dari Madiun bukan hanya ketiga makanan khas itu saja. Mungkin beberapa sanak saudara yang hendak kita datangi tidak terlalu suka dengan jajan pasar semacam itu, jadi kita harus berpikir buah tangan apa yang lebih umum disukai oleh semua orang dari mana pun mereka berasal maupun berapa usia mereka. Jangan terlalu ambil pusing karena Madiun punya salah satu icon yang tidak tergantikan sebagai buah tangan berupa roti hasil warisan zaman pemerintahan kolonial Belanda. Kita mungkin pernah memakannya sesekali dan namanya adalah Roti Bluder Cokro.

Siapa yang tidak tahu Bluder Cokro? Oleh-oleh khas Madiun satu ini merupakan panganan yang tidak boleh absen dari daftar oleh-oleh kalau berkunjung ke Madiun. Rasanya yang lembut dan lezat dalam kemasan yang apik dan miyayeni sangat cocok sebagai buah tangan maupun bawaan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Bluder Cokro khas Madiun ini bisa Anda dapatkan langsung dari pabriknya yang beralamat di Jalan Cokroaminoto Nomor 36, Madiun, Jawa Timur. Jangan khawatir, soal kualitas, Bluder Cokro sangat menjaganya. Proses pembuatannya pun masih menggunakan teknik tradisional yang memastikan bahwa semua bahan tercampur rata dan menghasilkan bluder yang lembut dalam berbagai rasa. Bluder Cokro diproduksi dalam berbagai rasa mulai dari original sampai rasa-rasa modern semacam kismis dan keju. Demi memastikan hasil produksinya terbaik, Sri Widodo, Head Chef Bluder Cokro menuturkan bahwa semua bahan yang digunakan untuk produksi bluder ini menggunakan bahan-bahan impor dari Eropa, bahkan sampai bahan yang relatif umum di Indonesia seperti butter.

Kehalalan produk Bluder Cokro sudah dipastikan oleh MUI sehingga roti ini sangat aman dan tidak perlu ragu akan kualitasnya. Di samping itu, alat-alat pembuatannya yang relatif tradisional justru menjamin cita rasa terbaik dari Bluder Cokro. Pembeli bisa menyaksikan langsung proses pembuatan Bluder Cokro dari pabriknya sebelum membeli produk mereka.

Karena produknya yang lezat, halal, dan kualitasnya yang tidak pernah berubah dari waktu ke waktu, tidak heran jika Bluder Cokro selalu jadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Madiun mulai dari warga sipil sampai anak presiden. Di samping cita rasa luar biasa, harga per pieces roti Bluder Cokro juga relatif murah, yakni berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000 saja. Untuk tetap memastikan kerenyahan dan kelembutan Bluder Cokro, kemasan per 10 pieces akan diberi dalam bentuk kotak kardus yang relatif besar. Cukup menggiurkan untuk dijadikan buah tangan bagi sanak saudara bukan?

roti

Bluder, Roti Lembut Hasil Teknik Ulenan

Ada begitu banyak macam jenis roti yang beredar di pasaran saat ini. Mulai dari jenis roti atau kue tar, bolu, brownies, dan lain-lain. Kita pun tak kesulitan mendapatkan pangan satu ini. Bahkan sampai toko kecil dan warung kelontong pun menjualnya. Salah satu jenis roti yang cukup populer adalah jenis roti bluder. Bagi sebagian orang mungkin jenis roti ini masih asing. Apa sih bluder itu?

Bluder merupakan salah satu jenis roti yang populer pada zaman pemerintahan kolonial Belanda. Roti ini sangat lembut dan empuk, mudah disobek dan lembut di mulut. Kelembutan roti ini didapat dari penggunaan telur dan mentega yang relatif banyak sehingga ketika disobek seratnya akan terlihat padat namun lemas. Keunikan lain dari bluder adalah proses pembuatannya yang ternyata memakan waktu hingga 8 jam. Wah!

Bagaimana membuatnya? Cukup siapkan bahan-bahan seperti tepung berprotein tinggi dan sedang, ragi, telur, gula, susu, mentega asin (yang dingin dan dipotong-potong), garam, vanila, serta susu evaporated. Bahan biang yang terdiri dari tepung berprotein tinggi beserta ragi dan air es dicampur dan diuleni hingga kalis. Setelah itu tutup dengan plastik, pastikan tidak ada udara yang masuk, diamkan selama 1.5 jam dalam suhu ruangan lantas dimasukkan dalam lemari es dan didinginkan selama 1 jam.

Setelah itu, campur telur dan gula pasir. Setela selesai, di tempat yang berbeda, campurkan tepung terigu, ragi, serta susu bubuk. Setelah bercampur rata, campurkan adonan ini dengan adonan biang yang sudah didiamkan tadi hingga rata. Uleni kedua adonan sampai kalis. Kocokan telur dan gula tadi dimasukkan dalam campuran adonan biang lalu diuleni lagi sampai kalis. Masukkan mentega asin dan garam lalu uleni terus-menerus hingga adonan berubah elastis. Pencampuran atau teknik uleni yang tepat inilah yang membuat hasil akhir bluder menjadi begitu lembut ketika disantap.

Ketika adonan sudah tercampur rata dan teksturnya menjadi elastis, ambil sebagian adonan, kira-kira seberat 65 gram, lalu dibuat berbentuk bulat lantas didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Pipihkan adonan lalu tarik memanjang. Lipat jadi dua bagian lalu tarik lagi. Lipat kembali dan tarik lagi. Teknik ini hampir sama ketika mengolah adonan gula menjadi permen. Maka sudah pasti dibutuhkan tenaga yang cukup kuat untuk melakukan teknik ini.

Setelah selesai, bentuk adonan kembali menjadi bulat dan letakkan di atas cetakkan bluder. Cetakan yang digunakan berdiamter atas 7.5 cm dan diameter bawah 5 cm, tinggai sekitar 5.5 cm. Olesi cetakan dengan margarin sebelum memasukkan adonan ke dalamnya. Sekarang diamkan adonan yang sudah ditaruh di cetakkan sekitar 3 jam untuk membiarkannya mengembang. Terakhir, olesi adonan dengan susu evaporated.

Langkah terakhir adalah memanggang adonan tersebut dalam oven yang memiliki suhu api atas 170 derajat Celcius dan api bawah sekitar 200 derajat Celcius selama 13 menit. Dan ketika selesai, voila! Bluder sudah siap disajikan atau dihias sesuai dengan keinginan Anda. Ini adalah resep dasar dari bluder original. Anda bisa bereskperimen untuk memberikan variasi rasa seperti cokelat, keju, atau selai, tergantung pada kesukaan masing-masing. Yang jelas, tanpa tambahan rasa yang kekinian pun, bluder ini akan tetap menjadi favorit karena tekstur rotinya yang lembut dan sangat nikmat. Hmm, jadi ingin menyantapnya satu!

bluder

Kenapa Harus Bluder Cokro?

Banyak jenis oleh-oleh yang bisa kita pilih ketika mengunjungi suatu tempat. Kita bisa memilih barang yang bisa digunakan berulang kali atau sekadar makanan yang sekali habis. Jika Anda tipe orang yang pusing memilih barang, maka jadikanlah makanan sebagai alternatif oleh-oleh yang pasti disukai oleh famili dan rekan. Seperti halnya Bluder Cokro yang wajib jadi oleh-oleh jika Anda bertandang ke Madiun. Bluder Cokro merupakan makanan yang paling dicari di Madiun mulai dari warga sipil, artis, bahkan anak Presiden. Dikarenakan banyak dicari bahkan oleh orang-orang penting, mungkin kita bertanya-tanya mengapa Bluder Cokro begitu diidolakan sebagai buah tangan terbaik dari Madiun?

 

  1. Nikmat

Kenikmatan rasa Bluder Cokro didapat dari perpaduan penggunaan bahan-bahan terbaik dengan teknik pembuatan yang tepat. Bluder Cokro dibuat dengan menggunakan teknik tradisional, sangat minim penggunaan alat-alat pembuat roti seperti yang banyak digunakan oleh toko roti lainnya. Hal ini tentu bisa menjamin kenikmatan rasa Bluder Cokro yang bukan hanya nikmat tetapi juga memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Itulah mengapa Bluder Cokro wajib jadi alternatif oleh-oleh Anda.

 

  1. Kaya Gizi

Selain nikmat, Bluder Cokro dikenal sebagai panganan yang memiliki kandungan gizi penting karena bahan-bahan yang digunakan. Tentu saja karena bahan utama pembentuk jaringannya adalah tepung terigu berprotein tinggi, roti ini bisa disajikan sebagai pengganti nasi karena sanggup memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Selain itu juga terdapat kandungan protein dari telur terbaik yang digunakan dalam mencampurkan adonan. Beberapa bahan lain seperti garam, gula, dan susu merupakan bahan-bahan dasar yang pasti ada dalam sebuah roti Bluder Cokro.

 

  1. Pengemasan yang Apik

Karena roti ini dibeli sebagai oleh-oleh untuk famili dan rekan, beberapa dari kita pasti memikirkan masalah packaging agar terlihat rapi dan layak untuk diberikan pada orang. Beberapa toko roti tidak mengemasnya sebaik mungkin karena hanya sekadar mengunggulkan rasa. Akan tetapi, Bluder Cokro berhasil memadukan keduanya antara kelezatan roti dengan packaging yang memadai sehingga menjaga bluder tetap renyah dan cantik meski dibawa untuk perjalanan yang relatif jauh. Masih berpikir dua kali untuk membungkusnya secantik mungkin?

 

  1. Harga Terjangkau

Untuk ukuran oleh-oleh yang lezat dan mengenyangkan, roti Bluder Cokro memiliki keunggulan harganya yang relatif murah dan terjangkau. Satu buah rotinya dihargai sekitar Rp 10.000 dengan varian rasa yang bermacam-macam. Anda bisa memilih mulai dari cokelat dan keju sebagai rasa standar maupun rasa-rasa unik yang tetap lezat dinikmati seperti tape dan kismis. Inovasi rasa ini juga merupakan keunggulan Bluder Cokro yang peka terhadap keinginan konsumennya sehingga Anda bisa memilih mana yang menjadi kesukaan Anda atau orang yang ingin Anda beri.

 

Mengetahui keunggulan-keunggulannya, apakah Anda masih ragu menjadikan Bluder Cokro sebagai buah tangan? Jangan diragukan lagi! Bahkan untuk konsumsi sendiri pun pasti Anda ketagihan. Kabar baiknya, Bluder Cokro bukan hanya bisa didapatkan dari Madiun langsung karena roti ini sudah memiliki banyak toko cabang yang tersebar di area Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tidak ada di kota Anda? Jangan khawatir! Sebab agen-agen penjual Bluder Cokro juga tersebar di berbagai kota yang bisa Anda hubungi untuk mendapatkan kelezatan roti satu ini. Masih merasa bisa menolak cita rasa dan kelembutan roti Bluder Cokro?

bluder cokro

apa

Seluk Beluk Bluder: Apakah Dia dan Fungsi Bahan Pembuatnya

Siapa yang tidak tahu Bluder Cokro? Roti lembut satu ini banyak sekali penggemarnya bahkan dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Madiun yang wajib dibeli sebagai buah tangan bagi famili dan rekan di kota asal. Karena terkenal sebagai roti yang lembut, bervariasi rasanya, dan harganya yang relatif murah dengan packaging yang memperhatikan kualitas rotinya, tidak heran jika banyak yang mengandalkan Bluder Cokro sebagai buah tangan terbaik dari Madiun.

 

Di balik kelezatan dan kelembutannya, ada bahan-bahan pembuatnya yang memiliki manfaat bagi konsumennya. Apa saja sih bahan-bahan pembentuk dan manfaat yang dikandungnya tersebut?

 

  1. Tepung Terigu

Tidak perlu ditanya lagi, tepung terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan berbagai macam roti, termasuk Bluder Cokro. Tepung terigu berfungsi sebagai pembangun jaringan atau kerangka sebuah roti. Biasanya, jenis tepung yang digunakan untuk membuat bluder adalah tepung terigu berprotein tinggi karena kandungan glutennya lebih tinggi dan berguna dalam menghasilkan adonan yang elastis sehingga volume bluder yang dihasilkan bisa lebih besar.

bluder cokro tepung

  1. Ragi Instan

Komponen inti kedua adalah ragi instan. Banyak dari pembuat roti saat ini yang menggunakan ragi instan bermerek Fermipan sebagai ragi instan yang bisa diandalkan untuk membuat berbagai macam roti lezat, tak terkecuali bluder. Ragi sebenarnya merupakan mikroorganisme yang hidup namun belum aktif berkembang biak sebelum tercampur dengan gula, tepung, serta cairan dan berada dalam suhu tertentu.

ragi instant

  1. Garam

Komponen inti yang harus digunakan bukan hanya dalam membuat roti atau kue tetapi juga ketika kita memasak makanan sehari-hari. Kristal satu ini memiliki fungsi yang banyak dan luar biasa. Garam dibutuhkan dalam pembuatan bluder meski dalam jumlah yang sedikit karena akan berpengaruh pada tekstur bluder itu sendiri. Fungsi garam di sini adalah sebagai penguat jaringan gluten yang ada pada tepung terigu berprotein tinggi.

garam

  1. Gula

Inilah makanan bagi ragi yang juga memberikan rasa bagi bluder ketika sudah matang. Gula yang bercampur dengan ragi akan menghasilkan gas CO2 sehingga akhirnya adonan bluder bisa mengembang sempurna. Gula juga bisa berfungsi sebagai pelembut sehingga tidak perlu menambahkan pelembut adonan dalam proses pembuatan bluder ini. Meski begitu, sebaiknya pembuat bluder juga mengetahui batas dalam menggunakan gula agar tidak terlalu banyak dan justru menghambat proses fermentasi oleh ragi itu sendiri.

gula

  1. Cairan atau Pelarut

Tanpa cairan, tidak akan terbentuk adonan. Cairan ini bisa dalam bentuk susu cair maupun sekadar air mineral biasa. Fungsinya tentu saja sebagai pelarut bahan-bahan utama dan mengontrol suhu adonan ietu sendiri.

cairan

  1. Telur

Bahan wajib selanjutnya adalah telur yang dikenal mengandung lecithin sebagai pelembut alami, hampir sama seperti fungsi gula yang ditambahkan ke dalam adonan bluder. Untuk menghasilkan bluder yang tetap terjaga kualitasnya, pastikan Anda menggunakan telur berkualitas tinggi.

telur

  1. Lemak

Lemak yang digunakan biasanya berbentuk margarin atau mentega. Lemak ini akan dibutuhkan sebagai komponen untuk memperkaya rasa, membuat tekstur bluder lebih lembut, serta menambah gizi yang ada dalam roti. Penggunaan lemak ini juga harus ditakar dengan teliti dan sempurna untuk menghasilkan roti bluder yang mengembang dan empuk.

lemak

Ketujuh bahan di atas adalah komponen inti yang membuat sebuah bluder bisa menjadi roti yang begitu nikmat. Itulah mengapa jangan ragu lagi untuk mengandalkan Bluder Cokro sebagai roti oleh-oleh yang nikmat dan murah serta praktis didapat. Bahkan tidak perlu berkunjung ke Madiun jika Anda berdomisili di luar kota dan ingin mendapatkannya. Bluder Cokro memiliki beberapa toko cabang dan agen-agen yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan kelembutan roti ini. Hmm, yummy!

roti sehat

Roti yang Baik Untuk Kesehatan

Sekarang ini roti menjadi salah satu bahan makanan yang pokok, sama seperti nasi, roti adalah bahan makanan yang sangat penting. Roti juga sering dijadikan bahan pengganti makanan pokok. Bahkan di Negara – Negara eropa roti menjadi bahan makanan yang favorit. Roti juga banyak terdapat dan dijual di supermarket atau swalayan dengan berbagai jenis dan merk. Ada roti tawar, roti gandum, roti coklat dan banyak lagi.

Roti ini juga dinilai sebagai bahan makanan yang gampang dan praktis di sajikan dengan berbagai variasi dirumah. Secara umum roti yang dijual dipasar kelihatan sehat – sehat dan tidak bermasalah tetapi kita tidak tahu bahan – bahan yang terkandung didalamnya. Apakah bahan – bahan yang terkandung di dalam roti baik untuk tubuh. Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih roti yang sehat untuk dikomsumsi keluarga anda di rumah.

Tips – tips memilih roti yang sehat :

  • Dari berbagai jenis roti yang disajikan ada baiknya kita memilih jenis roti yang terbuat dari Gandum. Mengapa Gandum Karena Gandum atau tepung Gandum memiliki tingkat karbohidrat yang hampir sama dengan nasi atau beras. Tetapi juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes sebagai pengganti nasi. Sebaiknya kita memilih roti dengan kandungan gandum 100%.
  • Pilihlah Roti yang memiliki serat yang tinggi, ini mengapa juga disarankan memilih roti yang berbahan dasar ganrum. Karena Gandum memiliki serat yang jauh lebih tinggi dari roti – roti tawar biasanya. Serat yang terkandung di dalam dua potong roti putih adalah sebesar 1,5gram sedangkan didalam roti gandum memiliki serat 4gram di dalam dua potong. Ini tentunya terdapat dua kali lipatnya dan serat sangatlah berguna untuk tubuh untuk sebagai zat yang berfungsi sebagai pelancar pencernaan.

Serat didalam tubuh ini terbagi atas dua yaitu serat yang larut didalam air yaitu Zat senyawa yaitu serat yang berguna untuk menambah kelembutan pada kotoran atau fases kita dan membantu mempromosikan BAB dengan lancer dan mencegah    sembelit. Adapun serat yang larut dapat membantu menurunkan kadar kolestrol didalam darah dan mengatur penggunaan gula dalam tubuh.

  • Sebelum kita membeli roti di supermarket atau swalayan hendaklah kita melihat dulu komposisi kandungan yang terkandung di dalam roti tersebut. Pilihlah roti yang mengandung kadar natrium tinggi. Mengapa kita harus memilih kadar natrium yang tinggi. Dari kandungan roti gandum yang biasanya beredar dipasar di dalam satu potong roti gandum terdapat 100mg sodium. Apabila kita memakan 4 potong roti gandum berarti kita sudah mendapatkan asupan sodium sebanyak 400mg yang direkomendasikan asupan sodium perhari sebanyak 2.000mg.
  • Pilihlah roti yang memiliki tanggal kadarluarsa yang cepat. Ini karena roti yang memiliki tingkat kadarluarsa yang cepat tidak banyak memasukan bahan – bahan pengawet pada rotinya. Lebih baik belilah roti dari took roti yang terpercaya yang memiliki produksi roti setiap harinya. Sehingga setiap kita membeli roti bar uterus tidak punya yang kemarin – kemarin.

Inilah tips – tips memilih roti yang sehat dan baik yang berguna untuk menjaga kesehatan keluarga anda. Semoga tips ini dapat anda pergunakan didalam kehidupan anda dan berguna untuk anda beserta keluarga anda. Karena banyak roti yang memiliki atau mengandung bahan yang tidak sehat yang banyak beredar dipasaran yang dapat mengancam keluarga anda dari penyakit – penyakit yang berbahaya. Semoga berguna untuk anda dan terima kasih.

roti sehat

membuat roti

Teknik inti Pembuatan Adonan Bluder

Dalam membuat berbagai roti, kesuksesan untuk menghasilkan roti yang sempurna bukan hanya terletak pada penggunaan bahannya yang berkualitas super, tetapi juga pada teknik pembuatan dan penggunaan alat-alat yang tepat. Termasuk ketika membuat bluder, kita harus mengetahui dan menerapkan teknik-teknik pembuatan yang tepat. Ketika tangan kita tidak terlalu luwes serta pengetahuan dalam membuat bluder tidak terlalu banyak, kemungkinan gagalnya relatif lebih tinggi.

 

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam membuat adonan bluder yang sempurna hingga dimatangkan dengan panggangan. Beberapa hal tersebut terkait dengan teknik-teknik dan hal-hal teknis yang harus benar-benar diperhatikan selama proses pembuatan bluder berlangsung.

 

  1. Menguleni

Inilah teknik inti yang menjadikan adonan roti apapun menjadi kalis sempurna. Menguleni adalah teknik untuk membangun gluten dalam adonan hingga tercampur rata. Kebanyakan orang akan melakukan proses ini dengan menggunakan tangan hingga memastikan bahwa adonan yang mereka uleni 100% kalis sempurna.

 

  1. Menguleni dengan Tangan

Sebagai teknik yang paling umum digunakan oleh para koki roti, menguleni dengan menggunakan tangan memiliki keunggulan untuk menjaga adonan tidak overmixing. Gerakan menguleni dengan tangan persis seperti sedang mencuci baju.

 

  1. Menguleni dengan Mesin

Untuk menghindari kelelahan karena proses pengulenan dengan tangan juga memakan tenaga yang relatif besar dan waktu yang relatif lama, beberapa orang memilih menggunakan alat untuk menguleni adonan. Mesin yang dimaksud adalah dough hook, mesin pengulen yang terbuat dari logam dan cukup kuat untuk menguleni adonan yang relatif besar agar bahan-bahan tercampur semua dan merata.

 

  1. Spesifikasi Adonan Kalis

Memastikan bahwa adonan sudah kalis adalah hal yang harus diketahui oleh para pembuat roti. Untuk itu, mereka biasanya akan melakukan pengetesan untuk mengetahui apakah adonan yang mereka olah sudah kalis atau belum. Caranya: ambil sebagian kecil adonan lalu tarik dan bentangkan. Ketika adonan tidak sobek ketika dibentangkan maka itu tanda adonan sudah kalis.

 

  1. Fermentasi

Tahap yang penting juga adalah proses fermentasi yang merupakan proses di mana ragi berkembang biak. Suhu yang mendukung proses ini adalah antara 24 sampai 40 derajat Celcius. Untuk mendukung suhu udara tersebut, pada skala rumahan, proses ini dilakukan dengan menaruh adonan pada baskom dan menutupnya baik dengan kain maupun plastik yang meminimalisir masuknya udara.

 

  1. Pengempisan Pasca Fermentasi

Setelah proses fermentasi selesai, penting untuk mengempiskan kembali adonan tersebut guna menghilangkan gas yang ada di dalam adonan setelah berfermentasi serta membentuk serat adonan yang rata lantas menjadi lembut dan halus. Proses selanjutnya adalah pembulatan adonan sekaligus membangun struktur gluten kembali.

 

  1. Proses Pemanggangan

Setelah pemberian topping, adonan yang sudah siap akan dipanggang. Proses ini bukan sekadar mematangkan adonan tetapi juga membunuh ragi yang berkembang biak sehingga tidak berlebihan. Suhu pematangan ini juga harus diatur agar adonan matang merata dan menghindari gosong yang bukan hanya memperburuk tampilan tetapi juga menghancurkan cita rasa.

 

  1. Fase Pendinginan

Meski kerap dianggap sebagai fase yang kurang penting, tetapi fase pendinginan adalah fase yang relatif penting dilakukan guna menghindari bluder dari kondisi berkeringat. Bluder yang berkeringat atau basah bisa membuatnya mudah terserang jamur dan bakteri.

 

Hal-hal teknis ini adalah segelintir kunci untuk membuat adonan bluder yang sempurna hingga pada proses pemanggangan dan pencapaian hasil yang sesuai ekspektasi. Jika Anda relatif buta dengan teknis-teknis pemasakan, cobalah ajak rekan dan famili yang mempunyai pengalaman masak yang lebih banyak dan baik. Selamat mencoba membuat bluder sempurna!

menguleni

fermentasi

pemangganan bluder cokro