roti1

BLUDER NUSANTARA

Bluder pada awalnya berasal dari negara Belanda. Negara kolonial itu yang berjasa besar memperkenalkan Bluder di Indonesia. Bluder menjadi terkenal di beberapa daerah di Indonesia, seperti madiun dan sulawesi utara. Di madiun saja memiliki 2 jenis Bluder yang berbeda, Bluder Cokro yang sangat terkenal dan Bluder Kresna. Walaupun memiliki bentuk yang berbeda tetapi pada dasarnya mempunyai  cara pembuatan dan rasa yang hampir sama.

Saya akan mengupas tentang Jenis – jenis Bluder yang dimiliki oleh Nusantara kita, yang terkenal dengan kulinernya. Di setiap Provinsi di Indonesia memiliki makanan, kue dan roti yang menjadi ikonik daerah masing – masing makanya tidak salah kalu menjuluki negara Indonesia menjadi surganya para pencinta kuliner jalanan. Banyak sekali jajanan atau Kuliner yang di jual oleh pedagang di jalanan dan dengan harga yang murah. Berikut adalah Bluder yang terkenal di Indonesia.

  1. Bluder Cokro

Jenis roti Bluder ini sangat terkenal di daerah Madiun dan Jawa Tengah. Banyak pecinta kuliner dan blogerfood yang merekomendasikan Bluder jenis ini menjadi makanan wajib di coba atau dicicipi kalau berkunjung ke madiun. Cita rasanya yang enak dan roti yang lembut mengingatkan kita dengan Roti Bluder pada zaman dahulu, zaman pada saat nusantara kita dijajah oleh Kolonial Belanda.

Bluder jenis ini juga sudah banyak berkembang jenisnya, tidak hanya roti yang mempunyai cita rasa manis saja tetapi juga memiliki jenis isi dan topping yang berbagai macam jenisnya. Roti jenis ini di jual biasanya dengan harga Rp 7.500 – Rp 10.000 per rotinya, menurut isi dan topping yang ada. Jenis – jenis Bluder ini ada Bluder Tape,Bluder Keju dengan topping Coklat dan banyak lagi jenis lainnya dengan rasa yang sangat lezat.
Bluder Cokro Ovomaltine

  1. Bluder Kresna

Walaupun hampir sama dengan Bluder Cokro tetapi Bluder kresna ini memiliki bentuk dan ras yang berbeda. Bluder Kresna ini memilki bentuk yang kotak seperti persegi panjang dan berwarna coklat tua pada bagian atasnya. Ukuran Bluder Kresna ini lebih besar daripada Bluder Cokro, walaupun terdapat di daerah yang sama yaitu madiun tetapi katanya Bluder Kresna ini tidak sama dengan Bluder Cokro

Bluder inijuga sangat terkenal di Madiun, cita rasa yang hampir sama dengan Bluder Cokro yang membuatnya juga di cari oleh wisatawan kalau mampir di Madiun. Roti yang sangat lembut yang apabila di sobek terdapat serat – serat roti dan empuk ini menjadi saingan Bluder Cokro di Madiun sana. Bluder jenis ini juga memiliki tiga rasa yaitu, keju, coklat dan kismis. Terserah anda memilih Bluder yang mana untuk di bawa pulang.

  1. Bludel Khas Sulawesi Utara

Nama Bludel ini diambil dari bluder. Tetapi Bludel sangat berbeda dengan Bluder yang ada, Bludel ini seperti Bolu. Memiliki bentuk bulat dan besar, sangat berbeda sekali dengan Bluder yang kecil. Bluder khas Sulawesi Utara terbuat dari campuran tepung terigu, margarine, gula pasir dan taburan aneka buah dan kenari yang dicincang kecil. Bludel ini juga memiliki cita rasa yang manis, rotinya yang lembut dan empuk sangat enak dan lezat.

Tetapi serat roti yang terdapat pada Bludel ini sangat berbeda sekali dengan Bluder, Bludel memiliki serat roti seperti Bolu pada umumnya, yang memiliki remahan yang berasal dari tepung terigu dan tidak memilki serat. Roti ini biasanya terdapat di took – took roti di Mando dan sekitarnya sebagai Roti Khas Mando yang juga di incar oleh Wisatawan apabila mampir ke Manado.

Sangat tidk salah kalau menjuluki Indonesia sebagai surganya para pencinta Kuliner, semua jenis makanan ada di Nusantara kita ini, dari masakan Pedas, asam, manis, dan gurih. Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Negeri ini dan kita semua patut menjaganya.