kue mangkuk

Roti yang Serupa dengan Bluder

Bluder merupakan salah satu jenis roti manis yang lembut disukai oleh banyak orang. Bukan hanya anak-anak, bluder disukai oleh berbagai kalangan konsumen termasuk orang dewasa. Bluder Cokro adalah salah satu contoh betapa bluder menjadi favorit banyak orang karena teksturnya yang lembut dengan rasa manis yang bisa dipadukan dengan berbagai varian rasa. Bluder juga terkenal memiliki bentuk yang relatif unik dibandingkan roti-roti manis lainnya. Meski begitu, ada juga beberapa jenis roti dan kue yang memiliki bentuk serupa dengan bluder yaitu Bolu Kukus dan Cupcake.

Bolu adalah sejenis kue dengan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan bahan-bahan pendukung seperti telur, gula, dan pengembang. Bolu bisa dimasak dengan dua tipe yaitu di panggang dan juga dikukus. Bolu panggang bisa memiliki bentuk yang beragam tergantung dengan loyang yang digunakan. Namun bolu kukus cenderung memiliki bentuk yang mirip dengan roti bluder karena loyang yang digunakan dalam mengukusnya hanya satu jenis.

Sebenarnya bolu sendiri dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan teknik pembuatannya yaitu butter cake dan sponge cake. Bolu yang tergolong butter cake ini terkenal dengan teknik pembuatan yang diawali dengan kocokan butter dengan gula hingga menjadi krim. Tipe bolu ini membutuhkan pengembang baik itu dalam bentuk baking powder maupun soda kue.

Jenis kedua dari bolu adalah sponge cake yang teknik awalnya sama namun kemudian ditambahkan mentega cair atau minyak goreng setelah adonan sudah ditambah tepung dan diaduk rata. Sponge cake sudah banyak digunakan sebagai roti dasar dalam membuat kue tart yang relatif mudah dibuat dan mudah dihias dengan menggunakan mentega dan krim.

Cupcake adalah jenis roti kedua yang memiliki bentuk mirip dengan bluder. Bisa dikatakan, cupcake adalah versi mini dari bluder yang memiliki tekstur lebih padat dan cenderung lebih kering, tidak selembut tekstur roti bluder yang kita tahu selama ini. Cupcake sendiri merupakan kue kecil yang bahan dasarnya relatif sederhana dan sedikit serta mudah didapat, seperti tepung terigu, telur, dan gula.

Cupcake sebenarnya merupakan versi lain dari hasil percobaan yang gagal seperti roti brownies yang justru memikat. Mengapa diberi nama cupcake? Hal itu karena kue ini selalu menggunakan takaran ‘cup’ dalam membuatnya. Perjalanan sejarah dan trend cupcake sendiri tergolong panjang mulai dari pembuatannya sampai dengan saat ini menjadi salah satu kue yang digemari oleh semua kalangan. Cupcake juga termasuk dalam kue yang pantas untuk menjadi hantaran maupun oleh-oleh. Keberadaannya pun terkadang menggantikan kehadiran kue tart sebagai roti wajib untuk merayakan ulang tahun.

Karena tren yang muncul, cupcake bahkan menjadi roti yang banyak dibisniskan karena mudah dihias untuk berbagai keperluan. Harganya pun relatif mahal. Bahkan satu buah kue ini bisa dibanderol dengan harga puluhan ribu ketika mendapatkan topping yang juga relatif mahal.

Baik bolu kukus maupun cupcake sebenarnya memiliki tekstur yang relatif berbeda dengan bluder. Bluder cenderung memiliki tekstur roti yang lembut dan mudah disobek, lumer di mulut dan tenggorokan, serta relatif mudah dipadukan dengan berbagai varian rasa. Varian rasa standar seperti vanila, cokelat, dan buah-buahan seperti strawberry adalah sederet rasa yang biasa. Bluder relatif unik karena tetap lezat meskipun dipadukan dengan varian rasa yang unik semacam tape dan kismis akan tetap menjadi roti lembut nan lezat yang pasti disukai semua kalangan.

bluder cokro mirip