apa

Seluk Beluk Bluder: Apakah Dia dan Fungsi Bahan Pembuatnya

Siapa yang tidak tahu Bluder Cokro? Roti lembut satu ini banyak sekali penggemarnya bahkan dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Madiun yang wajib dibeli sebagai buah tangan bagi famili dan rekan di kota asal. Karena terkenal sebagai roti yang lembut, bervariasi rasanya, dan harganya yang relatif murah dengan packaging yang memperhatikan kualitas rotinya, tidak heran jika banyak yang mengandalkan Bluder Cokro sebagai buah tangan terbaik dari Madiun.

 

Di balik kelezatan dan kelembutannya, ada bahan-bahan pembuatnya yang memiliki manfaat bagi konsumennya. Apa saja sih bahan-bahan pembentuk dan manfaat yang dikandungnya tersebut?

 

  1. Tepung Terigu

Tidak perlu ditanya lagi, tepung terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan berbagai macam roti, termasuk Bluder Cokro. Tepung terigu berfungsi sebagai pembangun jaringan atau kerangka sebuah roti. Biasanya, jenis tepung yang digunakan untuk membuat bluder adalah tepung terigu berprotein tinggi karena kandungan glutennya lebih tinggi dan berguna dalam menghasilkan adonan yang elastis sehingga volume bluder yang dihasilkan bisa lebih besar.

bluder cokro tepung

  1. Ragi Instan

Komponen inti kedua adalah ragi instan. Banyak dari pembuat roti saat ini yang menggunakan ragi instan bermerek Fermipan sebagai ragi instan yang bisa diandalkan untuk membuat berbagai macam roti lezat, tak terkecuali bluder. Ragi sebenarnya merupakan mikroorganisme yang hidup namun belum aktif berkembang biak sebelum tercampur dengan gula, tepung, serta cairan dan berada dalam suhu tertentu.

ragi instant

  1. Garam

Komponen inti yang harus digunakan bukan hanya dalam membuat roti atau kue tetapi juga ketika kita memasak makanan sehari-hari. Kristal satu ini memiliki fungsi yang banyak dan luar biasa. Garam dibutuhkan dalam pembuatan bluder meski dalam jumlah yang sedikit karena akan berpengaruh pada tekstur bluder itu sendiri. Fungsi garam di sini adalah sebagai penguat jaringan gluten yang ada pada tepung terigu berprotein tinggi.

garam

  1. Gula

Inilah makanan bagi ragi yang juga memberikan rasa bagi bluder ketika sudah matang. Gula yang bercampur dengan ragi akan menghasilkan gas CO2 sehingga akhirnya adonan bluder bisa mengembang sempurna. Gula juga bisa berfungsi sebagai pelembut sehingga tidak perlu menambahkan pelembut adonan dalam proses pembuatan bluder ini. Meski begitu, sebaiknya pembuat bluder juga mengetahui batas dalam menggunakan gula agar tidak terlalu banyak dan justru menghambat proses fermentasi oleh ragi itu sendiri.

gula

  1. Cairan atau Pelarut

Tanpa cairan, tidak akan terbentuk adonan. Cairan ini bisa dalam bentuk susu cair maupun sekadar air mineral biasa. Fungsinya tentu saja sebagai pelarut bahan-bahan utama dan mengontrol suhu adonan ietu sendiri.

cairan

  1. Telur

Bahan wajib selanjutnya adalah telur yang dikenal mengandung lecithin sebagai pelembut alami, hampir sama seperti fungsi gula yang ditambahkan ke dalam adonan bluder. Untuk menghasilkan bluder yang tetap terjaga kualitasnya, pastikan Anda menggunakan telur berkualitas tinggi.

telur

  1. Lemak

Lemak yang digunakan biasanya berbentuk margarin atau mentega. Lemak ini akan dibutuhkan sebagai komponen untuk memperkaya rasa, membuat tekstur bluder lebih lembut, serta menambah gizi yang ada dalam roti. Penggunaan lemak ini juga harus ditakar dengan teliti dan sempurna untuk menghasilkan roti bluder yang mengembang dan empuk.

lemak

Ketujuh bahan di atas adalah komponen inti yang membuat sebuah bluder bisa menjadi roti yang begitu nikmat. Itulah mengapa jangan ragu lagi untuk mengandalkan Bluder Cokro sebagai roti oleh-oleh yang nikmat dan murah serta praktis didapat. Bahkan tidak perlu berkunjung ke Madiun jika Anda berdomisili di luar kota dan ingin mendapatkannya. Bluder Cokro memiliki beberapa toko cabang dan agen-agen yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan kelembutan roti ini. Hmm, yummy!